Sistem Informasi Keuangan Supplementary Specification

Sistem Informasi Keuangan 
Supplementary Specification


Version <1.0>
Kelompok 6 
Nauffan muti Hibatullah / 1301174117
F.A.Chalik / 1301174251
Rizky wira pranata / 1301174298
Farhan Yuleo / 1301174008



Revision History
Date
Version
Description
Author
<dd/mmm/yy>
<x.x>
<details>
<name>














Table of Contents
1. Introduction 2
1.1 Purpose 2
1.2 Scope 2
1.3 Definitions, Acronyms and Abbreviations 2
1.4 References 2
1.5 Overview 2
2. Functionality 2
2.1 Functional Requirement One 2
3. Usability 2
3.1 Usability Requirement One 2
4. Reliability 2
4.1 Reliability Requirement One 2
5. Performance 2
5.1 Performance Requirement One 2
6. Supportability 2
6.1 Supportability Requirement One 2
7. Design Constraints 2
7.1 Design Constraint One 2
8. Online User Documentation and Help System Requirements 2
9. Purchased Components 2
10. Interfaces 2
10.1 User Interfaces 2
10.2 Hardware Interfaces 2
10.3 Software Interfaces 2
10.4 Communications Interfaces 2
11. Licensing Requirements 2
12. Legal, Copyright and Other Notices 2
13. Applicable Standards 2
Supplementary Specification 
  1. Introduction

Dalam sebuah perusahaan mempunyai beberapa bagian yang sangat penting demi menunjang berjalannya perusahaan tersebut, salah satunya yaitu dalam hal keuangan, keuangan berperan penting dalam bagian perusahaan, mulai dari income dan outcome yang akan diperoleh oleh suatu perusahaan. Tujuan dari system informasi keuangan ini untuk memudahkan pegawai laundry untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran dari laundry tersebut, manfaat dari system informasi ini adalah agar pegawai memaksimalkan kinerjanya dalam perhitungan dan mengelola keuangan, dan meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat kerja manual.
    1. Purpose

Tujuan dari dibuatnya Supplementary Specification mengenai system informasi keuangan ini adalah untuk memenuhi kriteria dan mempermudah dalam pembuatan website ini, sehingga sesuai dengan ekspektasi dari kami dan pihak Id’s Laundry Day
    1. Scope

Supplementary Specification ini akan mencakup semua Functional Requirements dari system Informasi keuangan ini. Cakupan akan dibatasi untuk semua Functional Requirements. System informasi ini terkait dengan pemasukan dan pengeluaran keuangan dan mempermudah sinkronisasi gaji karyawan dengan pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan. 


    1. Definition, Acronyms and Abbreviations

SS : Supplementary Specification
    1. References

Ada beberapa referensi yang terkait dengan dokumen ini antara lain adalah :
  • Dokumen Requirement Management Plant
  • Dokumen Feasibility Study
  • Dokumen Software Requirement Specification
    1. Overview

Dokumen ini akan memberikan kami kemudahan dalam menjalankan ide-ide kami tentang system informasi keuangan ini, dan membantu pihak Id’s Laundry untuk melaksanakan fitur ini.Functionality
Sistem informasi keuangan ini mempunyai beberapa system system yang mendukung dalam hal keuangan perusahaan Id’s Laundry Day
  1. Functionality



    1. Functional Requirement One

  1. Login/Sign  In User
Sebelum masuk kedalam sistem informasi keuangan ini, user/karyawan diperlukan untuk login terlebih dahulu untuk bisa masuk kedalam sistem informasi karyawan ini, sehingga sistem informasi ini cukup kuat dalam hal keamanan, dan tidak perlu takut dilihat oleh orang diluar perusahaan.
  1. Input Pemasukan
Input pemasukan merupakan requirement utama dalam system informasi keuangan ini. Dalam requirement ini sangat penting dalam mengurusi inputan keuangan perusahaan, dalam requirement ini juga nantinya bisa dibuat berupa laporan pengeluaran tiap minggu dan tiap bulan.
  1. Input Pengeluaran
Input Pengeluaran merupakan requirement utama dalam system informasi keuangan ini. Dalam requirement ini sangat penting dalam mengurusi inputan  pengeluaran keuangan perusahaan, dalam requirement ini juga nantinya dibuat berupa laporan pengeluaran tiap minggu dan tiap bulan.


  1. Pengajian Karyawan
Pengajian karyawan merupakan requirement standart dalam system informasi keuangan ini. Dalam requirement ini cukup penting dalam mengurusi pengajian karyawan, dalam aplikasi ini dibutuhkan suatu fitur dimana gaji  karyawan dapat langsung terintegrasi dengan pengeluaran keuangan sehingga tidak diperlukan perhitungan secara manual untuk mengurangi kesalahan dan effort dari pegawai keuangan.
  1. Pengeluaran Keuangan
Pengeluaran karyawan merupakan requirement utama dalam system informasi keuangan ini. Dalam requiremtn ini sangat penting dalam pegawai bidang keuangan bisa melihat secara detail pengeluaran keuangan yang sebelumnya sudah diinputkan bertahap dari perusahaan Id’s Laundry Day ini.
  1. Pemasukan Keuangan
Pemasukan karyawan merupakan requirement utama dalam system informasi keuangan ini. Dalam requirement ini sangat penting dalam pegawai bidang keuangan bisa melihat secara detail pemasukan keuangan yang sebelumnya sudah diinputkan bertahap dari perusahaan Id’s Laundry Day ini.


  1. Usability 

Sistem informasi keuangan untuk Id’s Laundry Day adalah web yang user-friendly bagi pegawai keuangan perusahaan. Untuk menggunakan web, user tidak membutuhkan panduan ataupun latihan. Sistem informasi ini dibuat untuk memudahkan pegawai keuangan Id’s Laudry Day menginputkan pengeluaran dan pemasukan, serta melihat secara detail data pengeluaran dan pemasukan perusahaan.


    1. Usability Requirement One

Usability requirement pada system informasi ini adalah user/pegawai tidak harus login untuk menginputkan serta melihat pengeluaran dan pemasukan perusahaan.
  1. Reliability 

Avalability - Dalam pengoprasian sistem informasi ini mempunyai presentasi sekitar 85%, dengan penggunaan bisa 24 jam dalam sehari, berarti bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Penggunaan waktu yang dibutuhkan untuk pemeliharaan sistem adalah seminimalnya 2 hari perbulan.


Mean Time Between Failures (MTBF ) - Perkiraan waktu antara kesalahan pada sistem adalah kurang lebih 6 bulan.


Mean Time To Repair (MTTR) – Sistem informasi ini akan diperbaiki minimal 24 jam setelah kesalahan yang terjadi.


Accuracy – Mengusahakan akan tingkat akurasi dalam sistem dihitung dari apakah input pengeluaran dan pemasukan akan sesuai dengan data dalam sistem informasi tersebut.

    1. Reliability Requirement One

Sistem informasi ini akan terus diupdate dipelihara sesering mungkin, sehingga meminimalisir waktu terjadinya kesalahan, sehingga pegawai tidak terganggu oleh permasalahan tersebut. Data pengeluaran dan pemasukan akan terus diupdate selarasa dengan inputan pemasukan dan pengeluaran pada perusahaan tersebut.


  1. Performance

Performansi dari sistem informasi ini cukup cepat hal menginputkan data pengeluaran dan data pemasukan sehingga langsung masuk kedalam detail data pengeluaran dan pemasukan.
    1. Performance Requirement One

Sistem informasi ini akan memudahkan pegawai dalam melakukan penginputan pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan Id’s Laundry Day ini, semua proses penginputan yang akan dilakukan oleh sistem akan langsung masuk kedalam data keuangan dan pengajian pegawai.


  1. Supportability



    1. Supportability Requirement One

Sistem informasi keuangan ini dapat diakses melalui media website melalui gadget, komputer, tablet, laptop dan media lainnya yang terkait.


  1. Design Constraints

Pada design constraints ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu platform requirement, dan Internet Browser.
    1. Design Constraint One

  1. Platform Requirements
Sistem informasi keuangan harus dapat beroperasi dengan komputer dengan prosesor inter core duo atau diatasnya yang lebih baru dan kuat, memory internal minimal 4GB.
  1. Internet Browser
Sistem informasi keuangan ini berbasis antarmuka web dan akan berjalan di platform Google Chrome atau yang lebih baru dan yang setara dengan itu.


  1. Online User Documentation and Help System Requirements

System Requirement – Dalam system requirement pada sistem informasi keuangan ini memiliki panduan berupa FAQ dalam website tersebut, panduannya mencakup panduan fungsi-fungsi utama dan fungsi sistem informasi ini sendiri.


  1. Purchased Components

Dalam sistem informasi keuangan ini tidak ada pengeluaran uang sampai dalam tahap perancangan prototype UInya, tapi jika ingin membuatnya lebih lanjut akan membeli beberapa pendukung terciptanya website.
  1. Interfaces

Pada user interface yang ditampilkan oleh sistem informasi keuangan ini sangat bersahabat dengan user/pegawai perusahaan Id’s Laundry Day ini, dengan menampilkan rancangan tools yang mudah dipahami oleh pegawai perusahaan akan mempermudah kinerja pegawai perusahaan tersebut.
    1. User Interfaces

Berikut dilampirkan User Interface (UI) sistem informasi keuangan :
  1. Login User


  1. Register User






  1. Input Pemasukan


  1. Input Pengeluaran
  1. Pengeluaran Keuangan










  1. Pemasukan Keuangan
    1. Hardware Interfaces

Hardware interfaces yang digunakan dalam sistem informasi keuangan adalah :
Alat
Spesifikasi
Smartphone
Chipset snapdragon 410, CPU Quad-Core, network 3G/4G/5G, Storage 512 MB, Display 720p,.
Komputer/Laptop
Intel Core Duo, RAM 1GB, Storage 512 MB
Tablet
Chipset snapdragon 410, CPU Quad-Core, network 3G/4G/5G, Storage 512 MB, Display 720p.


    1. Software Interfaces

Dalam sistem informasi keuangan ini membutuhkan pembuatan prototype di software Adobe, Figma. Sistem informasi ini juga jika akan dikembangkan membutuhkan penyimpanan data yang diperoleh pada setiap proses inputan data, dan menggunakan perangkat dari perusahaan.
    1. Communications Interfaces

Dalam sistem informasi ini pemyimpanan dan pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan media offline, dengan menggunakan perangkat dari perusahaan.


  1. Licensing Requirements

Tidak ada lisensi khusus yang dibutuhkan untuk membuat dan menggunakan sistem informasi keuangan ini.


  1. Legal, Copyright and Other Notices

Sistem informasi ini tidak ada konten yang mengandung copyright, karena sistem informasi ini tidak memakai sebuah media seperti foto, video dan lainnya.


  1. Applicable Standards

Sistem Informasi ini terdapat inputan pengeluaran dan pemasukan, dan pegawai harus benar benar jujur dalam memasukkan data tersebut kedalam sistem informasi ini.

Post a Comment

0 Comments